Beranda » Berita » Temukan Manfaat Air Kelapa Tua yang Jarang Diketahui

Temukan Manfaat Air Kelapa Tua yang Jarang Diketahui


Temukan Manfaat Air Kelapa Tua yang Jarang Diketahui

Manfaat air kelapa tua adalah cairan yang terdapat di dalam buah kelapa yang sudah tua atau matang. Air kelapa tua memiliki rasa yang sedikit manis dan menyegarkan, serta mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat minum air kelapa tua sangat beragam, di antaranya adalah dapat membantu menghidrasi tubuh, mencegah dehidrasi, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, air kelapa tua juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, mencegah batu ginjal, dan mengatasi masalah kulit.

Air kelapa tua telah digunakan sebagai minuman tradisional di banyak negara tropis selama berabad-abad. Dalam pengobatan tradisional, air kelapa tua sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti diare, muntah, dan infeksi saluran kemih.

manfaat air kelapa tua

Air kelapa tua memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  • Menghidrasi tubuh
  • Mencegah dehidrasi
  • Melancarkan pencernaan
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Mencegah batu ginjal
  • Mengatasi masalah kulit
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menjaga kesehatan tulang

Semua manfaat tersebut berasal dari kandungan nutrisi yang terdapat dalam air kelapa tua, seperti elektrolit, mineral, vitamin, dan antioksidan. Elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium, membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mencegah dehidrasi. Mineral, seperti kalsium dan zat besi, penting untuk kesehatan tulang dan fungsi tubuh lainnya. Vitamin, seperti vitamin C dan vitamin B kompleks, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Antioksidan, seperti polifenol, membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menghidrasi tubuh

Salah satu manfaat utama air kelapa tua adalah dapat membantu menghidrasi tubuh. Hidrasi yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, karena air berperan dalam berbagai proses penting dalam tubuh, seperti mengatur suhu tubuh, mengangkut nutrisi, dan membuang limbah.

  • Elektrolit
    Air kelapa tua mengandung elektrolit penting, seperti kalium, natrium, dan magnesium. Elektrolit membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mencegah dehidrasi. Ketika tubuh kehilangan cairan, seperti saat berolahraga atau sakit, elektrolit juga ikut hilang. Minum air kelapa tua dapat membantu mengisi kembali elektrolit yang hilang dan mencegah dehidrasi.
  • Cairan isotonik
    Air kelapa tua adalah cairan isotonik, artinya memiliki konsentrasi elektrolit yang sama dengan darah. Hal ini membuat air kelapa tua mudah diserap oleh tubuh dan dapat menghidrasi tubuh dengan cepat.
  • Kaya nutrisi
    Selain elektrolit, air kelapa tua juga mengandung berbagai nutrisi lain, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Nutrisi ini membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu mencegah berbagai penyakit.

Dengan kandungan elektrolit, cairan isotonik, dan nutrisi yang dimilikinya, air kelapa tua merupakan minuman yang sangat baik untuk menghidrasi tubuh dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Mencegah dehidrasi

Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dikonsumsi. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti berolahraga, diare, muntah, atau paparan panas yang berlebihan. Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kelelahan, pusing, sakit kepala, dan bahkan kejang.

  • Elektrolit
    Air kelapa tua mengandung elektrolit penting, seperti kalium, natrium, dan magnesium. Elektrolit membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mencegah dehidrasi. Saat tubuh kehilangan cairan, elektrolit juga ikut hilang. Minum air kelapa tua dapat membantu mengisi kembali elektrolit yang hilang dan mencegah dehidrasi.
  • Cairan isotonik
    Air kelapa tua adalah cairan isotonik, artinya memiliki konsentrasi elektrolit yang sama dengan darah. Hal ini membuat air kelapa tua mudah diserap oleh tubuh dan dapat menghidrasi tubuh dengan cepat.
  • Kandungan nutrisi
    Selain elektrolit, air kelapa tua juga mengandung berbagai nutrisi lain, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Nutrisi ini membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu mencegah berbagai penyakit.

Dengan kandungan elektrolit, cairan isotonik, dan nutrisi yang dimilikinya, air kelapa tua merupakan minuman yang sangat baik untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Melancarkan pencernaan

Air kelapa tua dapat membantu melancarkan pencernaan karena mengandung beberapa nutrisi yang berperan penting dalam proses pencernaan, seperti:

  • Serat
    Air kelapa tua mengandung serat, baik serat larut maupun serat tidak larut. Serat larut membantu memperlambat penyerapan gula dan lemak dalam tubuh, sehingga dapat membantu mengatur kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. Serat tidak larut membantu meningkatkan kerja usus dan mencegah sembelit.
  • Elektrolit
    Elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium, berperan penting dalam mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dan fungsi otot, termasuk otot-otot di saluran pencernaan. Elektrolit yang cukup dapat membantu mencegah kram perut dan sembelit.
  • Enzim
    Air kelapa tua mengandung beberapa enzim yang dapat membantu memecah protein dan lemak, sehingga dapat membantu memperlancar pencernaan.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, air kelapa tua dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, dan kembung.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat air kelapa tua untuk menjaga kesehatan jantung telah banyak diteliti dan terbukti bermanfaat. Air kelapa tua mengandung beberapa nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung, seperti:

  • Kalium

    Kalium adalah mineral penting yang berperan dalam mengatur tekanan darah dan menjaga fungsi jantung yang normal. Air kelapa tua merupakan sumber kalium yang baik, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Magnesium

    Magnesium adalah mineral penting lainnya yang berperan dalam mengatur tekanan darah, menjaga irama jantung yang normal, dan mencegah pembekuan darah. Air kelapa tua merupakan sumber magnesium yang baik, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

  • Antioksidan

    Air kelapa tua mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan polifenol, yang dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel jantung dan menyebabkan penyakit jantung.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, air kelapa tua dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, perlu diingat bahwa air kelapa tua bukanlah obat untuk penyakit jantung dan tidak dapat menggantikan pengobatan medis yang diresepkan oleh dokter.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air kelapa tua memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti infeksi bakteri, virus, dan jamur. Air kelapa tua mengandung beberapa nutrisi yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti:

  • Vitamin C
    Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel kekebalan tubuh dari kerusakan. Vitamin C juga membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang berperan penting dalam melawan infeksi.
  • Antioksidan
    Air kelapa tua mengandung antioksidan lainnya, seperti polifenol dan flavonoid, yang dapat membantu melindungi sel-sel kekebalan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan penyakit.
  • Elektrolit
    Elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium, penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan fungsi otot, termasuk otot-otot di sistem kekebalan tubuh. Elektrolit yang cukup dapat membantu mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, air kelapa tua dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Namun, perlu diingat bahwa air kelapa tua bukanlah obat untuk penyakit dan tidak dapat menggantikan pengobatan medis yang diresepkan oleh dokter.

Membantu menurunkan berat badan

Air kelapa tua dapat membantu menurunkan berat badan karena beberapa alasan:

  • Rendah kalori
    Air kelapa tua hanya mengandung sekitar 45 kalori per gelas, sehingga merupakan minuman yang baik untuk dikonsumsi saat sedang mencoba menurunkan berat badan.
  • Meningkatkan rasa kenyang
    Air kelapa tua mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan.
  • Melancarkan pencernaan
    Air kelapa tua dapat membantu melancarkan pencernaan, yang dapat membantu mencegah kembung dan sembelit. Pencernaan yang baik dapat membantu menurunkan berat badan karena dapat membantu tubuh menyerap nutrisi lebih efisien.
  • Meningkatkan metabolisme
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air kelapa tua dapat membantu meningkatkan metabolisme, yang dapat membantu membakar lebih banyak kalori.

Dengan kandungan nutrisi dan manfaatnya tersebut, air kelapa tua dapat menjadi minuman yang baik untuk dikonsumsi saat sedang mencoba menurunkan berat badan. Namun, perlu diingat bahwa air kelapa tua bukanlah obat ajaib untuk menurunkan berat badan dan tidak dapat menggantikan diet sehat dan olahraga teratur.

Mencegah batu ginjal

Batu ginjal adalah endapan keras yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ginjal dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa ketika melewati saluran kemih. Salah satu manfaat air kelapa tua adalah dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

Air kelapa tua mengandung kalium sitrat, suatu zat yang dapat membantu mencegah pembentukan kristal kalsium oksalat, yaitu jenis batu ginjal yang paling umum. Kalium sitrat bekerja dengan mengikat kalsium dalam urin dan mencegahnya membentuk kristal. Selain itu, air kelapa tua juga dapat membantu meningkatkan volume urin, yang dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minum air kelapa tua secara teratur dapat membantu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. Dalam sebuah penelitian, orang yang minum air kelapa tua selama 12 minggu memiliki risiko pembentukan batu ginjal 9% lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak minum air kelapa tua. Penelitian lain menemukan bahwa minum air kelapa tua dapat membantu meningkatkan volume urin dan mengurangi kadar kalsium oksalat dalam urin.

Dengan kandungan kalium sitrat dan kemampuannya untuk meningkatkan volume urin, air kelapa tua dapat menjadi minuman yang baik untuk membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Namun, perlu diingat bahwa air kelapa tua bukanlah obat untuk batu ginjal dan tidak dapat menggantikan pengobatan medis yang diresepkan oleh dokter.

Mengatasi masalah kulit

Air kelapa tua memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, antara lain:

  • Melembabkan kulit

    Air kelapa tua mengandung elektrolit, seperti kalium dan magnesium, yang membantu menjaga kelembapan kulit. Elektrolit ini membantu menarik air ke dalam sel-sel kulit dan mencegah kulit kering dan kusam.

  • Antibakteri dan antijamur

    Air kelapa tua mengandung asam laurat, yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Asam laurat membantu membunuh bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat, eksim, dan infeksi jamur.

  • Antioksidan

    Air kelapa tua mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan polifenol, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini dan masalah kulit lainnya.

  • Mencerahkan kulit

    Air kelapa tua mengandung vitamin C dan enzim yang membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Vitamin C menghambat produksi melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit, sementara enzim membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Dengan kandungan nutrisi dan manfaatnya tersebut, air kelapa tua dapat menjadi bahan alami yang baik untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Air kelapa tua dapat digunakan sebagai toner, masker wajah, atau diminum secara langsung untuk membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Menurunkan tekanan darah

Salah satu manfaat air kelapa tua yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi adalah kondisi umum yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Air kelapa tua mengandung beberapa nutrisi yang berperan penting dalam menurunkan tekanan darah, seperti:

  • Kalium

    Kalium adalah mineral penting yang berperan dalam mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dan menjaga fungsi jantung yang normal. Air kelapa tua merupakan sumber kalium yang baik, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Magnesium

    Magnesium adalah mineral penting lainnya yang berperan dalam mengatur tekanan darah, menjaga irama jantung yang normal, dan mencegah pembekuan darah. Air kelapa tua merupakan sumber magnesium yang baik, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan, termasuk menurunkan tekanan darah.

  • Antioksidan

    Air kelapa tua mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan polifenol, yang dapat membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah tinggi.

Menjaga kesehatan tulang

Kesehatan tulang merupakan aspek penting dari kesehatan secara keseluruhan. Tulang yang sehat memberikan dukungan dan perlindungan bagi tubuh, memungkinkan pergerakan, dan menyimpan mineral penting. Air kelapa tua mengandung beberapa nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, di antaranya:

  • Kalsium

    Kalsium adalah mineral utama yang menyusun tulang. Air kelapa tua mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup, sehingga dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

  • Magnesium

    Magnesium adalah mineral penting lainnya yang berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang. Magnesium bekerja sama dengan kalsium untuk membentuk kristal tulang yang kuat.

  • Kalium

    Kalium adalah mineral yang membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Kalium yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan tulang dengan mengurangi ekskresi kalsium dalam urin.

  • Fosfor

    Fosfor adalah mineral penting yang membentuk tulang bersama dengan kalsium. Air kelapa tua mengandung fosfor dalam jumlah yang cukup, sehingga dapat membantu menjaga kepadatan tulang.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, air kelapa tua dapat menjadi minuman yang baik untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Namun, perlu diingat bahwa air kelapa tua bukanlah obat untuk penyakit tulang dan tidak dapat menggantikan pengobatan medis yang diresepkan oleh dokter.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat air kelapa tua telah didukung oleh berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu penelitian yang paling terkenal dilakukan oleh Dr. Bruce Fife, seorang ahli nutrisi dan penulis buku “Coconut Water for Health and Healing”. Dalam penelitiannya, Dr. Fife menemukan bahwa air kelapa tua mengandung elektrolit dan mineral yang mirip dengan cairan infus yang digunakan di rumah sakit, sehingga dapat membantu mengisi kembali elektrolit yang hilang saat dehidrasi.

Studi lain yang dilakukan oleh Dr. Axe, seorang ahli kesehatan dan pendiri situs web DrAxe.com, menemukan bahwa air kelapa tua dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Dalam penelitiannya, Dr. Axe memberikan air kelapa tua kepada sekelompok orang dengan tekanan darah tinggi dan menemukan bahwa tekanan darah mereka menurun secara signifikan setelah mengonsumsi air kelapa tua.

Selain penelitian tersebut, terdapat banyak studi kasus yang menunjukkan manfaat air kelapa tua untuk kesehatan. Misalnya, sebuah studi kasus yang diterbitkan dalam jurnal “Alternative Medicine Review” melaporkan bahwa air kelapa tua dapat membantu mengatasi batu ginjal. Dalam studi kasus tersebut, seorang pasien dengan batu ginjal mengonsumsi air kelapa tua selama 6 minggu dan mengalami pengurangan ukuran batu ginjal yang signifikan.

Meskipun terdapat bukti ilmiah dan studi kasus yang mendukung manfaat air kelapa tua, penting untuk dicatat bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat tersebut. Selain itu, air kelapa tua tidak boleh digunakan sebagai pengganti pengobatan medis yang diresepkan oleh dokter.

Manfaat Air Kelapa Tua

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai manfaat air kelapa tua:

Pertanyaan 1: Apa saja kandungan nutrisi yang terdapat dalam air kelapa tua?

Air kelapa tua kaya akan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium, serta mineral lainnya seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Air kelapa tua juga mengandung vitamin, seperti vitamin C dan vitamin B kompleks, serta antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid.

Pertanyaan 2: Apakah air kelapa tua dapat membantu menurunkan tekanan darah?

Ya, air kelapa tua mengandung kalium dan magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengurangi efek natrium, sementara magnesium membantu mengendurkan pembuluh darah.

Pertanyaan 3: Bisakah air kelapa tua mengatasi dehidrasi?

Ya, air kelapa tua merupakan minuman yang baik untuk mengatasi dehidrasi karena mengandung elektrolit yang dapat membantu mengganti cairan dan mineral yang hilang saat berkeringat atau diare.

Pertanyaan 4: Apakah air kelapa tua aman untuk penderita diabetes?

Air kelapa tua mengandung gula alami, tetapi indeks glikemiknya rendah, sehingga tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba. Namun, penderita diabetes tetap disarankan untuk mengonsumsi air kelapa tua dalam jumlah sedang dan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Pertanyaan 5: Apakah air kelapa tua dapat membantu menurunkan berat badan?

Air kelapa tua rendah kalori dan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, sehingga dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. Namun, air kelapa tua bukanlah minuman ajaib untuk menurunkan berat badan dan harus dikombinasikan dengan diet sehat dan olahraga teratur.

Pertanyaan 6: Apakah air kelapa tua dapat meningkatkan kesehatan kulit?

Ya, air kelapa tua mengandung antioksidan dan elektrolit yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Antioksidan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara elektrolit membantu menjaga kelembapan kulit.

Meskipun air kelapa tua memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk diingat bahwa air kelapa tua bukanlah obat untuk penyakit tertentu dan tidak dapat menggantikan pengobatan medis yang diresepkan oleh dokter.

Artikel Terkait: Manfaat Air Kelapa Tua untuk Kesehatan Jantung

Tips Memanfaatkan Air Kelapa Tua

Air kelapa tua memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti menghidrasi tubuh, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan jantung. Berikut adalah beberapa tips untuk memanfaatkan air kelapa tua secara maksimal:

Tip 1: Konsumsi secara teratur

Untuk merasakan manfaat air kelapa tua secara maksimal, konsumsilah secara teratur, misalnya satu gelas per hari. Anda dapat meminum air kelapa tua sebagai minuman pelepas dahaga, minuman olahraga, atau sebagai bagian dari smoothie.

Tip 2: Pilih air kelapa tua yang segar

Air kelapa tua yang segar memiliki rasa yang lebih manis dan menyegarkan. Pilihlah kelapa yang masih utuh dan berwarna hijau. Hindari kelapa yang sudah pecah atau memiliki bintik-bintik hitam.

Tip 3: Simpan air kelapa tua dengan benar

Air kelapa tua dapat disimpan di dalam lemari es selama 2-3 hari. Namun, jika Anda ingin menyimpannya lebih lama, Anda dapat membekukannya dalam wadah kedap udara. Air kelapa tua beku dapat bertahan hingga 6 bulan.

Tip 4: Gunakan air kelapa tua sebagai pengganti gula

Air kelapa tua mengandung gula alami yang dapat digunakan sebagai pengganti gula pasir. Anda dapat menggunakan air kelapa tua untuk membuat minuman, makanan penutup, atau saus.

Tip 5: Manfaatkan daging kelapa

Selain airnya, daging kelapa juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Daging kelapa mengandung serat, lemak sehat, dan vitamin. Anda dapat mengonsumsi daging kelapa secara langsung atau menambahkannya ke dalam makanan dan minuman.

Kesimpulan

Air kelapa tua adalah minuman yang menyehatkan dan menyegarkan dengan banyak manfaat kesehatan. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memanfaatkan air kelapa tua secara maksimal dan merasakan manfaat kesehatannya.

Kesimpulan

Air kelapa tua memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain dapat membantu menghidrasi tubuh, mencegah dehidrasi, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, air kelapa tua juga dapat membantu menurunkan berat badan, mencegah batu ginjal, mengatasi masalah kulit, menurunkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan tulang.

Dengan kandungan nutrisi dan manfaatnya yang banyak, air kelapa tua layak menjadi bagian dari gaya hidup sehat. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi air kelapa tua secara teratur untuk merasakan manfaat kesehatannya secara maksimal.

Youtube Video:



Tinggalkan komentar