Beranda » Berita » Temukan 7 Manfaat Apel Malang yang Jarang Diketahui

Temukan 7 Manfaat Apel Malang yang Jarang Diketahui


Temukan 7 Manfaat Apel Malang yang Jarang Diketahui

Manfaat apel Malang merupakan khasiat atau kebaikan yang terkandung dalam buah apel yang berasal dari daerah Malang, Indonesia. Apel Malang dikenal memiliki rasa yang manis dan segar, serta kaya akan nutrisi.

Apel Malang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah:

  • Kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.
  • Mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.
  • Sumber kalium yang baik, sehingga dapat membantu mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.
  • Mengandung quercetin, antioksidan yang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

Selain manfaat kesehatan, apel Malang juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Buah ini banyak dibudidayakan di daerah Malang dan sekitarnya, serta menjadi salah satu komoditas pertanian unggulan di Indonesia. Apel Malang juga banyak diolah menjadi berbagai produk makanan dan minuman, seperti jus, selai, dan pie.

Manfaat Apel Malang

Apel Malang memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Kaya vitamin C
  • Sumber antioksidan
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menurunkan kolesterol
  • Melancarkan pencernaan
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengandung quercetin
  • Anti-inflamasi
  • Mencegah penyakit kronis
  • Komoditas pertanian unggulan

Selain manfaat kesehatan, apel Malang juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Buah ini banyak dibudidayakan di daerah Malang dan sekitarnya, serta menjadi salah satu komoditas pertanian unggulan di Indonesia. Apel Malang juga banyak diolah menjadi berbagai produk makanan dan minuman, seperti jus, selai, dan pie.

Kaya vitamin C

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam apel Malang merupakan salah satu manfaat utama buah ini. Vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, antara lain:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh: Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang berperan penting dalam melawan infeksi.
  • Antioksidan: Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Menjaga kesehatan kulit: Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit.
  • Menurunkan risiko penyakit kronis: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

Konsumsi apel Malang secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam apel Malang dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko berbagai penyakit.

Sumber antioksidan

Apel Malang merupakan sumber antioksidan yang baik. Antioksidan adalah senyawa yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

  • Peran antioksidan dalam apel Malang: Antioksidan dalam apel Malang, seperti vitamin C, vitamin E, dan flavonoid, membantu menetralkan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.
  • Manfaat antioksidan bagi kesehatan: Konsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti apel Malang, telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis, peningkatan kesehatan jantung, dan penuaan yang sehat.
  • Contoh antioksidan dalam apel Malang: Beberapa antioksidan utama yang ditemukan dalam apel Malang antara lain vitamin C, vitamin E, quercetin, dan asam klorogenat.
  • Implikasi bagi manfaat apel Malang: Kandungan antioksidan yang tinggi dalam apel Malang menjadikannya pilihan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Dengan mengonsumsi apel Malang secara teratur, kita dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu manfaat penting dari apel Malang adalah kemampuannya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Apel Malang mengandung beberapa nutrisi penting yang berperan dalam meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

  • Vitamin C: Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang melawan infeksi. Apel Malang merupakan sumber vitamin C yang sangat baik.
  • Antioksidan lainnya: Selain vitamin C, apel Malang juga mengandung antioksidan lain, seperti flavonoid dan quercetin. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.
  • Serat: Serat dalam apel Malang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat. Saluran pencernaan yang sehat membantu menyerap nutrisi penting dan membuang racun dari tubuh.

Dengan mengonsumsi apel Malang secara teratur, kita dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi diri dari infeksi dan penyakit. Apel Malang adalah pilihan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan kesejahteraan.

Menurunkan kolesterol

Manfaat apel Malang yang tidak kalah penting adalah kemampuannya dalam menurunkan kolesterol. Kolesterol adalah zat lemak yang terdapat dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Apel Malang mengandung serat pektin yang dapat mengikat kolesterol dalam saluran pencernaan dan membuangnya dari tubuh. Selain itu, apel Malang juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi apel secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Nutrition”, konsumsi dua apel per hari selama 6 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol total sebesar 5% dan kolesterol LDL sebesar 7%.

Dengan mengonsumsi apel Malang secara teratur, kita dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Apel Malang adalah pilihan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Melancarkan pencernaan

Manfaat apel Malang yang tidak kalah penting adalah kemampuannya dalam melancarkan pencernaan. Pencernaan yang lancar sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apel Malang mengandung beberapa nutrisi penting yang berperan dalam melancarkan pencernaan.

  • Serat: Apel Malang merupakan sumber serat yang baik. Serat membantu melancarkan pencernaan dengan cara menyerap air dan membentuk gel dalam saluran pencernaan. Gel ini membantu memperlambat proses pencernaan dan penyerapan makanan, sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama dan mencegah sembelit.
  • Pektin: Apel Malang juga mengandung pektin, sejenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengatur kadar gula darah. Pektin juga membantu melancarkan pencernaan dengan cara menyerap air dan membentuk gel dalam saluran pencernaan, sehingga membantu memperlambat proses pencernaan dan mencegah diare.
  • Sorbitol: Apel Malang mengandung sorbitol, sejenis gula alkohol yang memiliki efek laksatif. Sorbitol membantu melancarkan pencernaan dengan cara menarik air ke dalam usus besar, sehingga membantu melunakkan tinja dan mencegah sembelit.
  • Enzim pencernaan: Apel Malang juga mengandung enzim pencernaan, seperti amilase dan protease, yang membantu memecah karbohidrat dan protein dalam makanan. Enzim pencernaan ini membantu mempercepat proses pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Dengan mengonsumsi apel Malang secara teratur, kita dapat membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Apel Malang adalah pilihan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan kesejahteraan.

Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Apel Malang memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

  • Menurunkan kolesterol: Apel Malang mengandung serat pektin yang dapat mengikat kolesterol dalam saluran pencernaan dan membuangnya dari tubuh. Selain itu, apel Malang juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri.
  • Mengontrol tekanan darah: Apel Malang merupakan sumber kalium yang baik, yang dapat membantu mengatur tekanan darah. Kalium bekerja dengan cara menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan tekanan darah.
  • Mengurangi peradangan: Apel Malang mengandung antioksidan seperti quercetin yang memiliki sifat anti-inflamasi. Peradangan kronis dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, sehingga mengurangi peradangan dapat membantu menjaga kesehatan jantung.
  • Meningkatkan aliran darah: Apel Malang mengandung flavonoid yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mencegah pembekuan darah. Aliran darah yang baik sangat penting untuk kesehatan jantung karena memastikan bahwa jantung menerima oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan.

Dengan mengonsumsi apel Malang secara teratur, kita dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung. Apel Malang adalah pilihan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan kesejahteraan.

Mengandung quercetin

Quercetin adalah antioksidan flavonoid yang ditemukan dalam apel Malang. Quercetin memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya:

  • Anti-inflamasi: Quercetin memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan kronis dalam tubuh. Peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes.
  • Antioksidan: Quercetin adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit kronis.
  • Antikanker: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa quercetin memiliki sifat antikanker. Quercetin dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dan menginduksi kematian sel kanker.
  • Meningkatkan kesehatan jantung: Quercetin telah terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Dengan mengonsumsi apel Malang secara teratur, kita dapat memperoleh manfaat dari kandungan quercetin yang dimilikinya. Quercetin adalah komponen penting dari apel Malang yang berkontribusi pada berbagai manfaat kesehatan buah ini.

Anti-inflamasi

Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi. Namun, peradangan kronis dapat merusak jaringan dan organ jika tidak diobati. Apel Malang mengandung beberapa senyawa anti-inflamasi, termasuk quercetin, yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Quercetin adalah antioksidan flavonoid yang telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Quercetin dapat menghambat produksi sitokin pro-inflamasi, yaitu molekul yang memicu peradangan. Selain itu, quercetin juga dapat membantu meningkatkan produksi sitokin anti-inflamasi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi apel Malang dapat membantu mengurangi peradangan pada orang dengan kondisi tertentu, seperti asma, radang sendi, dan penyakit radang usus. Misalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi jus apel Malang secara teratur dapat membantu mengurangi gejala asma pada anak-anak.

Selain quercetin, apel Malang juga mengandung senyawa anti-inflamasi lainnya, seperti asam ursolat dan proanthocyanidin. Senyawa-senyawa ini bekerja sama untuk memberikan efek anti-inflamasi yang kuat.

Dengan mengonsumsi apel Malang secara teratur, kita dapat membantu mengurangi peradangan kronis dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Mencegah penyakit kronis

Penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, kanker, dan diabetes merupakan masalah kesehatan utama yang dapat menyebabkan kecacatan dan kematian dini. Apel Malang, dengan kandungan nutrisinya yang kaya, memiliki potensi untuk membantu mencegah penyakit kronis tersebut.

  • Antioksidan: Apel Malang kaya akan antioksidan, seperti vitamin C, vitamin E, dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan meningkatkan risiko penyakit kronis.
  • Serat: Apel Malang merupakan sumber serat yang baik. Serat membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan gula, yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2. Selain itu, serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan rasa kenyang, sehingga dapat membantu mengelola berat badan dan mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Fitokimia: Apel Malang mengandung berbagai fitokimia, seperti quercetin dan asam ursolat. Fitokimia ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antikanker, yang dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, seperti asma, radang sendi, dan kanker.
  • Kalium: Apel Malang merupakan sumber kalium yang baik. Kalium membantu mengatur tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh. Konsumsi kalium yang cukup dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Dengan mengonsumsi apel Malang secara teratur sebagai bagian dari pola makan sehat, kita dapat memanfaatkan manfaatnya untuk membantu mencegah penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Komoditas Pertanian Unggulan

Status apel Malang sebagai komoditas pertanian unggulan erat kaitannya dengan manfaat yang dimilikinya. Pengakuan sebagai komoditas unggulan diberikan karena apel Malang memiliki keunggulan kompetitif, baik dari segi kualitas, kuantitas, maupun permintaan pasar. Keunggulan ini berkontribusi pada manfaat apel Malang, antara lain:

  • Peningkatan ekonomi daerah: Budidaya apel Malang yang ekstensif menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan petani di daerah penghasil. Selain itu, industri pengolahan apel Malang juga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah.
  • Ketahanan pangan: Produksi apel Malang yang melimpah membantu memenuhi kebutuhan konsumsi buah-buahan di dalam negeri, sehingga meningkatkan ketahanan pangan nasional.
  • Promosi pariwisata: Perkebunan apel Malang menjadi daya tarik wisata yang unik, menarik wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam sekaligus mencicipi kesegaran apel Malang.

Dengan demikian, status apel Malang sebagai komoditas pertanian unggulan tidak hanya mencerminkan kualitas dan permintaan pasarnya, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi, sosial, dan lingkungan bagi masyarakat dan daerah penghasil.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat apel Malang didukung oleh berbagai bukti ilmiah dan studi kasus. Salah satu penelitian yang signifikan adalah yang diterbitkan dalam jurnal “Nutrition”. Studi ini menemukan bahwa konsumsi dua apel Malang per hari selama 6 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol total sebesar 5% dan kolesterol LDL sebesar 7%. Penurunan kadar kolesterol ini dikaitkan dengan berkurangnya risiko penyakit jantung dan stroke.

Studi lain yang diterbitkan dalam “Journal of Agricultural and Food Chemistry” menunjukkan bahwa apel Malang mengandung antioksidan tingkat tinggi, seperti vitamin C, vitamin E, dan flavonoid. Antioksidan ini berperan penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Meskipun terdapat bukti ilmiah yang mendukung manfaat apel Malang, namun masih ada beberapa perdebatan dan perbedaan pandangan mengenai efektivitasnya. Beberapa penelitian menunjukkan hasil yang tidak konsisten, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat apel Malang secara komprehensif.

Penting untuk dicatat bahwa konsumsi apel Malang harus dilakukan secara seimbang sebagai bagian dari pola makan sehat secara keseluruhan. Mengonsumsi buah-buahan secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu, seperti peningkatan kadar gula darah.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Manfaat Apel Malang

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai manfaat apel Malang:

Pertanyaan 1: Apakah apel Malang benar-benar bermanfaat bagi kesehatan?

Ya, apel Malang kaya akan nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti vitamin C, serat, dan quercetin. Buah ini telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk menurunkan kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu pencernaan.

Pertanyaan 2: Berapa jumlah apel Malang yang harus dikonsumsi untuk mendapatkan manfaatnya?

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari apel Malang, disarankan untuk mengonsumsi 1-2 buah apel per hari. Konsumsi secara teratur dalam jumlah sedang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan memberikan manfaat kesehatan jangka panjang.

Pertanyaan 3: Apakah apel Malang aman dikonsumsi oleh semua orang?

Secara umum, apel Malang aman dikonsumsi oleh sebagian besar orang. Namun, bagi individu dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti alergi atau penyakit kronis, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi apel Malang dalam jumlah banyak.

Pertanyaan 4: Apakah apel Malang bisa diolah menjadi berbagai produk makanan?

Ya, apel Malang dapat diolah menjadi berbagai produk makanan, seperti jus, selai, pie, dan cuka apel. Pengolahan ini dapat memperpanjang masa simpan apel dan memberikan variasi dalam mengonsumsi buah ini.

Pertanyaan 5: Apakah manfaat apel Malang dipengaruhi oleh warna kulitnya?

Warna kulit apel Malang tidak secara signifikan memengaruhi kandungan nutrisinya. Baik apel Malang dengan kulit merah maupun hijau memiliki manfaat kesehatan yang sama. Perbedaan warna kulit terutama disebabkan oleh varietas apel dan kondisi lingkungan saat tumbuh.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara memilih apel Malang yang berkualitas baik?

Untuk memilih apel Malang yang berkualitas baik, perhatikan beberapa hal berikut: pilih apel yang kulitnya mulus dan tidak memar, hindari apel yang terlalu lembek atau terlalu keras, dan pilih apel yang memiliki aroma khas apel Malang yang segar.

Dengan mengonsumsi apel Malang secara teratur dan dalam jumlah sedang, kita dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh buah yang kaya nutrisi ini.

Transisi ke bagian artikel berikutnya:

Selain manfaat bagi kesehatan, apel Malang juga memiliki nilai ekonomi dan sosial yang penting. Buah ini menjadi komoditas pertanian unggulan di Indonesia dan berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.

Tips Memanfaatkan Apel Malang

Untuk mengoptimalkan manfaat apel Malang bagi kesehatan, berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

Tip 1: Konsumsi Apel Malang Secara Teratur

Konsumsi apel Malang secara teratur, sekitar 1-2 buah per hari, dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan memberikan manfaat kesehatan jangka panjang.

Tip 2: Cuci Apel Malang Sebelum Dikonsumsi

Sebelum dikonsumsi, cuci apel Malang secara menyeluruh menggunakan air bersih untuk menghilangkan kotoran atau pestisida yang mungkin menempel pada kulitnya.

Tip 3: Variasikan Cara Konsumsi

Selain dimakan langsung, apel Malang dapat diolah menjadi berbagai produk makanan, seperti jus, selai, pie, atau cuka apel. Variasi cara konsumsi ini dapat membantu meningkatkan asupan apel Malang dan mencegah kebosanan.

Tip 4: Kombinasikan dengan Makanan Lain

Kombinasikan apel Malang dengan makanan sehat lainnya, seperti yogurt, oatmeal, atau salad, untuk meningkatkan nilai gizi dan rasa.

Tip 5: Pilih Apel Malang Berkualitas Baik

Pilih apel Malang yang berkualitas baik dengan kulit mulus dan tidak memar, hindari apel yang terlalu lembek atau keras, dan pilih apel yang memiliki aroma khas apel Malang yang segar.

Dengan mengikuti tips ini, kita dapat memaksimalkan manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh apel Malang dan menjadikan buah ini sebagai bagian dari pola makan sehat sehari-hari.

Kesimpulan

Apel Malang adalah buah yang kaya nutrisi dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Dengan mengonsumsi apel Malang secara teratur dan dalam jumlah sedang, kita dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, mencegah penyakit kronis, dan menjaga kualitas hidup yang baik.

Kesimpulan Manfaat Apel Malang

Apel Malang merupakan buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan karena kaya akan nutrisi dan antioksidan. Beberapa manfaat tersebut antara lain menurunkan kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu pencernaan, dan mencegah penyakit kronis seperti jantung dan kanker.

Dengan mengonsumsi apel Malang secara teratur dan dalam jumlah sedang, kita dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan menjaga kualitas hidup yang baik. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung, diolah menjadi berbagai produk makanan, atau dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya. Pilih apel Malang yang berkualitas baik untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal.

Youtube Video:



Tinggalkan komentar