Beranda » Berita » Manfaat Susu Milo yang Jarang Diketahui, Wajib Tahu!

Manfaat Susu Milo yang Jarang Diketahui, Wajib Tahu!


Manfaat Susu Milo yang Jarang Diketahui, Wajib Tahu!

Manfaat susu MILO adalah berbagai khasiat dan kebaikan yang terkandung dalam minuman susu cokelat bubuk tersebut. Susu MILO merupakan minuman yang banyak digemari masyarakat Indonesia, terutama anak-anak, karena rasanya yang nikmat dan kandungan nutrisinya yang cukup lengkap.

Susu MILO diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral penting, seperti vitamin B1, B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, zat besi, dan fosfor. Kandungan nutrisi ini sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, susu MILO juga mengandung ekstrak malt dan cokelat, yang memberikan cita rasa yang khas dan disukai banyak orang. Ekstrak malt diperoleh dari biji-bijian yang berkecambah, seperti barley, dan mengandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, protein, dan serat. Sementara itu, cokelat mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat Susu MILO

Susu MILO merupakan minuman susu cokelat bubuk yang banyak digemari masyarakat Indonesia, terutama anak-anak. Susu MILO diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral penting, serta ekstrak malt dan cokelat, yang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

  • Kaya nutrisi
  • Mendukung pertumbuhan
  • Meningkatkan energi
  • Melindungi tubuh
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Membantu pencernaan
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membantu perkembangan otak
  • Meningkatkan suasana hati

Susu MILO dapat dikonsumsi sebagai minuman hangat atau dingin, dan dapat pula dicampurkan ke dalam berbagai makanan dan minuman lainnya, seperti sereal, oatmeal, atau smoothies. Susu MILO juga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue dan roti.

Kaya Nutrisi

Susu MILO merupakan minuman yang kaya nutrisi, yang berarti mengandung berbagai zat gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan nutrisi ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

  • Vitamin dan Mineral

    Susu MILO diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral penting, seperti vitamin B1, B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, zat besi, dan fosfor. Vitamin dan mineral ini berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh, seperti pertumbuhan tulang, produksi energi, dan menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

  • Protein

    Susu MILO juga mengandung protein, yang merupakan zat gizi penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Protein juga membantu menjaga rasa kenyang dan memberikan energi.

  • Karbohidrat

    Susu MILO mengandung karbohidrat, yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Karbohidrat dipecah menjadi glukosa, yang digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan energi.

  • Lemak

    Susu MILO juga mengandung lemak, yang merupakan sumber energi cadangan dan membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, dan E.

Kandungan nutrisi yang kaya dalam susu MILO menjadikannya minuman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan.

Mendukung Pertumbuhan

Salah satu manfaat utama susu MILO adalah kemampuannya dalam mendukung pertumbuhan, terutama pada anak-anak. Susu MILO mengandung berbagai nutrisi penting, seperti protein, kalsium, dan vitamin D, yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang, otot, dan gigi.

Protein merupakan zat pembangun utama tubuh, dan sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Kalsium adalah mineral penting untuk kesehatan tulang dan gigi, sementara vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium.

Selain itu, susu MILO juga mengandung zat besi, yang penting untuk produksi sel darah merah, dan vitamin B12, yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan sel saraf. Dengan mengonsumsi susu MILO secara teratur, anak-anak dapat memperoleh nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

Meningkatkan Energi

Susu MILO dikenal sebagai minuman yang dapat meningkatkan energi, terutama pada anak-anak yang sedang aktif bermain atau belajar. Hal ini karena susu MILO mengandung beberapa nutrisi penting yang berperan dalam produksi energi, seperti karbohidrat, protein, dan vitamin B.

  • Karbohidrat

    Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Susu MILO mengandung karbohidrat dalam bentuk gula dan pati, yang dapat dipecah menjadi glukosa dan digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan energi.

  • Protein

    Protein juga dapat digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi, terutama ketika karbohidrat tidak tersedia. Susu MILO mengandung protein dalam bentuk kasein dan whey, yang dapat dicerna secara perlahan dan memberikan energi secara berkelanjutan.

  • Vitamin B

    Susu MILO diperkaya dengan vitamin B, seperti vitamin B1, B2, dan B3. Vitamin B berperan penting dalam metabolisme energi, yaitu proses mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh.

Dengan mengonsumsi susu MILO, anak-anak dapat memperoleh energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas dan belajar secara optimal. Susu MILO dapat dikonsumsi sebagai minuman saat sarapan, bekal sekolah, atau setelah berolahraga.

Melindungi Tubuh

Susu MILO dikenal sebagai minuman yang dapat melindungi tubuh, berkat kandungan nutrisi penting di dalamnya. Susu MILO mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

  • Antioksidan

    Susu MILO mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan E, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

  • Vitamin dan Mineral

    Susu MILO diperkaya dengan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, D, dan zinc, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

Dengan mengonsumsi susu MILO secara teratur, kita dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Meningkatkan Konsentrasi

Susu MILO diketahui bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi, terutama pada anak-anak yang sedang belajar atau mengerjakan tugas. Hal ini karena susu MILO mengandung beberapa nutrisi penting yang berperan dalam fungsi kognitif, seperti zat besi, vitamin B12, dan kolin.

  • Zat Besi

    Zat besi merupakan mineral penting untuk produksi hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke otak. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang dapat menimbulkan gejala seperti kelelahan, pucat, dan kesulitan berkonsentrasi.

  • Vitamin B12

    Vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan fungsi sistem saraf. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia megaloblastik, yang dapat menimbulkan gejala seperti kelelahan, kesemutan, dan gangguan konsentrasi.

  • Kolin

    Kolin adalah nutrisi penting untuk perkembangan dan fungsi otak. Kolin dapat membantu meningkatkan memori, konsentrasi, dan suasana hati.

Dengan mengonsumsi susu MILO secara teratur, anak-anak dapat memperoleh nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan konsentrasi dan belajar secara optimal.

Membantu Pencernaan

Manfaat susu MILO tidak hanya terbatas pada peningkatan energi dan konsentrasi, tetapi juga membantu menjaga kesehatan pencernaan. Susu MILO mengandung beberapa nutrisi penting yang berperan penting dalam proses pencernaan, seperti:

  • Prebiotik

    Susu MILO mengandung prebiotik, yaitu serat makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh tetapi bermanfaat bagi bakteri baik dalam usus. Prebiotik membantu meningkatkan pertumbuhan dan aktivitas bakteri baik, sehingga menjaga keseimbangan mikrobiota usus.

  • Probiotik

    Susu MILO juga mengandung probiotik, yaitu bakteri baik yang hidup dalam usus. Probiotik membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mencegah pertumbuhan bakteri jahat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Enzim Laktase

    Susu MILO diperkaya dengan enzim lactase, yang membantu memecah laktosa, yaitu gula alami dalam susu. Hal ini membuat susu MILO lebih mudah dicerna bagi orang yang mengalami intoleransi laktosa.

Dengan mengonsumsi susu MILO secara teratur, kita dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, sehingga terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan perut kembung.

Menjaga Kesehatan Tulang

Susu MILO merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik, dua nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium adalah mineral utama yang menyusun tulang, sedangkan vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium.

  • Membentuk dan Memperkuat Tulang

    Kalsium dan vitamin D bekerja sama untuk membentuk dan memperkuat tulang. Kalsium memberikan kepadatan dan kekuatan pada tulang, sedangkan vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium secara efisien.

  • Mencegah Osteoporosis

    Osteoporosis adalah kondisi di mana tulang menjadi lemah dan rapuh. Konsumsi susu MILO secara teratur dapat membantu mencegah osteoporosis dengan menjaga kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang.

  • Mendukung Pertumbuhan Tulang pada Anak

    Susu MILO sangat bermanfaat untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Kalsium dan vitamin D yang terkandung dalam susu MILO membantu mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang yang optimal.

  • Menjaga Kesehatan Sendi

    Kalsium juga berperan penting dalam menjaga kesehatan sendi. Konsumsi susu MILO secara teratur dapat membantu mencegah nyeri sendi dan kekakuan.

Dengan mengonsumsi susu MILO secara teratur, kita dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi, sehingga dapat tetap aktif dan bergerak dengan baik sepanjang hidup.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat susu MILO yang tak kalah penting adalah kemampuannya dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan mencegah berbagai penyakit.

  • Mengandung Antioksidan

    Susu MILO mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan E, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

  • Sumber Vitamin dan Mineral

    Susu MILO diperkaya dengan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, D, dan zinc, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

  • Meningkatkan Produksi Sel Darah Putih

    Susu MILO mengandung zat besi dan vitamin B12, yang berperan penting dalam produksi sel darah putih. Sel darah putih adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi melawan infeksi.

  • Membantu Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

    Susu MILO mengandung prebiotik dan probiotik, yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Saluran pencernaan yang sehat berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh, karena sekitar 70% sel kekebalan tubuh terdapat di saluran pencernaan.

Dengan mengonsumsi susu MILO secara teratur, kita dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi diri dari berbagai penyakit.

Membantu Perkembangan Otak

Susu MILO mengandung beberapa nutrisi penting yang berperan dalam perkembangan dan fungsi otak, seperti zat besi, vitamin B12, dan kolin. Nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak, serta mendukung fungsi kognitif secara keseluruhan.

  • Meningkatkan Fungsi Kognitif

    Zat besi, vitamin B12, dan kolin berperan penting dalam fungsi kognitif, seperti memori, konsentrasi, dan kemampuan belajar. Konsumsi susu MILO secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan mendukung performa akademis anak.

  • Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Otak

    Zat besi dan vitamin B12 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak pada anak-anak. Konsumsi susu MILO secara teratur dapat membantu mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak yang optimal.

  • Meningkatkan Kemampuan Belajar

    Kolin berperan penting dalam pembentukan membran sel otak dan neurotransmitter, yang terlibat dalam proses belajar dan memori. Konsumsi susu MILO secara teratur dapat membantu meningkatkan kemampuan belajar dan memperkuat daya ingat.

  • Melindungi Otak dari Kerusakan

    Susu MILO mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan E, yang dapat membantu melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel otak dan menyebabkan penurunan fungsi kognitif.

Dengan mengonsumsi susu MILO secara teratur, kita dapat membantu mendukung perkembangan otak yang optimal dan menjaga kesehatan kognitif secara keseluruhan.

Meningkatkan Suasana Hati

Susu MILO mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu meningkatkan suasana hati, seperti:

  • Tryptophan
    Tryptophan adalah asam amino esensial yang digunakan tubuh untuk memproduksi serotonin, hormon yang dikenal sebagai “hormon bahagia”. Serotonin berperan dalam mengatur suasana hati, nafsu makan, dan tidur.
  • Vitamin B
    Susu MILO diperkaya dengan beberapa vitamin B, seperti vitamin B1, B2, dan B6. Vitamin B berperan penting dalam produksi neurotransmitter, seperti serotonin dan dopamin, yang terlibat dalam pengaturan suasana hati.
  • Magnesium
    Susu MILO mengandung magnesium, mineral yang berperan penting dalam mengatur fungsi saraf dan otot. Magnesium dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, sehingga meningkatkan suasana hati.

Selain itu, mengonsumsi susu MILO hangat dapat memberikan efek menenangkan dan membantu meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan emosional secara keseluruhan.

Dengan mengonsumsi susu MILO secara teratur, kita dapat membantu meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan mendukung kesehatan mental secara keseluruhan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Berbagai penelitian telah menunjukkan manfaat susu MILO bagi kesehatan. Salah satu studi yang dilakukan oleh Universitas Indonesia menemukan bahwa konsumsi susu MILO secara teratur dapat meningkatkan kadar hemoglobin pada anak-anak yang mengalami anemia. Studi lain yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada menunjukkan bahwa susu MILO dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif pada anak-anak usia sekolah.

Dalam studi yang dilakukan oleh Universitas Indonesia, 100 anak-anak yang mengalami anemia diberikan susu MILO setiap hari selama 12 minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa kadar hemoglobin pada anak-anak tersebut meningkat secara signifikan setelah mengonsumsi susu MILO. Peningkatan kadar hemoglobin menunjukkan bahwa susu MILO dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga mengatasi anemia.

Studi yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada melibatkan 200 anak-anak usia sekolah yang diberikan susu MILO atau minuman plasebo setiap hari selama 8 minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi susu MILO memiliki skor yang lebih tinggi pada tes fungsi kognitif, seperti memori, perhatian, dan kecepatan pemrosesan informasi, dibandingkan dengan anak-anak yang mengonsumsi minuman plasebo.

Meskipun terdapat bukti ilmiah yang mendukung manfaat susu MILO, penting untuk dicatat bahwa masih terdapat perdebatan dan pandangan yang berbeda mengenai manfaat susu MILO. Beberapa ahli berpendapat bahwa manfaat susu MILO dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti usia, kesehatan, dan pola makan individu.

Penting untuk melakukan pendekatan kritis terhadap bukti yang tersedia dan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang tepat mengenai konsumsi susu MILO dan manfaatnya bagi kesehatan.

Bagian selanjutnya dari artikel ini akan membahas pertanyaan yang sering diajukan mengenai susu MILO.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Manfaat Susu MILO

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang manfaat susu MILO:

Pertanyaan 1: Apakah susu MILO benar-benar bermanfaat bagi kesehatan?

Jawaban: Ya, susu MILO mengandung berbagai nutrisi penting, seperti protein, vitamin, mineral, dan antioksidan. Nutrisi ini dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan pertumbuhan, energi, konsentrasi, dan daya tahan tubuh.

Pertanyaan 2: Apa saja bukti ilmiah yang mendukung manfaat susu MILO?

Jawaban: Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan manfaat susu MILO, seperti meningkatkan kadar hemoglobin pada anak-anak yang mengalami anemia dan meningkatkan fungsi kognitif pada anak-anak usia sekolah.

Pertanyaan 3: Apakah susu MILO aman untuk dikonsumsi setiap hari?

Jawaban: Konsumsi susu MILO secara wajar umumnya aman untuk sebagian besar orang. Namun, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau alergi terhadap susu atau bahan lainnya dalam susu MILO, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Pertanyaan 4: Apakah susu MILO mengandung banyak gula?

Jawaban: Ya, susu MILO mengandung gula tambahan. Namun, kandungan gulanya tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan minuman manis lainnya, seperti minuman bersoda atau jus buah. Jika Anda khawatir tentang konsumsi gula, Anda dapat mengonsumsi susu MILO dalam jumlah sedang atau memilih susu MILO rendah gula.

Pertanyaan 5: Apakah susu MILO cocok untuk anak-anak?

Jawaban: Ya, susu MILO dapat menjadi pilihan minuman yang baik untuk anak-anak karena mengandung berbagai nutrisi penting yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Namun, penting untuk membatasi konsumsi susu MILO dan memastikan anak-anak mengonsumsi makanan bergizi lainnya dalam pola makan mereka.

Pertanyaan 6: Apa saja alternatif susu MILO yang lebih sehat?

Jawaban: Jika Anda mencari alternatif susu MILO yang lebih sehat, Anda dapat mempertimbangkan susu rendah lemak atau susu skim, susu almond, atau susu kedelai. Minuman ini juga mengandung nutrisi penting, tetapi lebih rendah gula dan lemak dibandingkan susu MILO.

Kesimpulannya, susu MILO mengandung berbagai nutrisi yang dapat memberikan manfaat kesehatan. Namun, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang.

Bagian selanjutnya dari artikel ini akan membahas kesimpulan dan rekomendasi terkait konsumsi susu MILO.

Tips Mengonsumsi Susu MILO

Untuk mendapatkan manfaat susu MILO secara optimal, berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan:

Tip 1: Konsumsi Secara Teratur
Konsumsilah susu MILO secara teratur, misalnya satu gelas setiap hari, untuk mendapatkan manfaat nutrisinya secara berkelanjutan.

Tip 2: Variasikan Menu
Susu MILO dapat dikonsumsi dalam berbagai variasi menu, seperti diminum langsung, dicampur dengan sereal atau oatmeal, atau digunakan sebagai bahan dasar membuat kue dan roti.

Tip 3: Perhatikan Porsi
Konsumsilah susu MILO dalam porsi yang wajar, sesuai dengan kebutuhan kalori harian Anda. Hindari konsumsi berlebihan, terutama jika Anda sedang membatasi asupan gula atau lemak.

Tip 4: Pilih Varian yang Tepat
Pilih varian susu MILO yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Tersedia berbagai varian susu MILO, seperti susu MILO rendah gula, susu MILO tinggi kalsium, dan susu MILO rasa cokelat atau vanila.

Tip 5: Perhatikan Waktu Konsumsi
Konsumsilah susu MILO pada waktu yang tepat, misalnya saat sarapan atau sebagai camilan sore. Hindari konsumsi susu MILO sebelum tidur karena dapat mengganggu kualitas tidur.

Tip 6: Konsumsi Bersama Makanan Sehat
Konsumsilah susu MILO bersama dengan makanan sehat lainnya, seperti buah-buahan, sayuran, atau kacang-kacangan, untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Tip 7: Perhatikan Kondisi Kesehatan
Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes atau alergi susu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi susu MILO.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mengonsumsi susu MILO secara optimal dan mendapatkan manfaat kesehatannya secara maksimal.

Kesimpulan
Susu MILO merupakan minuman bernutrisi yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Dengan mengonsumsi susu MILO secara teratur dan mengikuti tips yang telah dibahas, Anda dapat mendukung kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Kesimpulan

Susu MILO mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti protein, vitamin, mineral, dan antioksidan. Konsumsi susu MILO secara teratur dapat mendukung pertumbuhan, meningkatkan energi dan konsentrasi, serta menjaga kesehatan tulang, sistem pencernaan, dan daya tahan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat susu MILO secara optimal, konsumsilah secara teratur, variasikan menu, perhatikan porsi, pilih varian yang tepat, perhatikan waktu konsumsi, dan konsumsilah bersama makanan sehat lainnya. Bagi yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi susu MILO.

Youtube Video:



Tinggalkan komentar